Sunday, August 20, 2017

Cara Beternak Kelinci Lokal Potong Rumahan

Cara Beternak Kelinci Lokal Potong Rumahan


Budidaya Kelinci - banyak warga sekitar anda yang sekarang membudidayakan kelinci hias ataupun kelinci potong banyak ke unggulan dari beternak kelinci dan banyak ke untungan dalam beternak kelinci mulai daging kelinci kotoran nya , dan air seni nya.

perawatan kelinci pun tergolong mudah dan hemat dan tidak memerlukan lahan yang luas untuk biaya beternak nya. pada umum nya beternak kelinci banyak yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan masyarakat apabila usaha beternak ini besar tak kala yang menjadikan usaha ternak ini sebagai pekerjaan tetap mereka gimana masih ingin mencoba beternak kelinci. oke langkah berikut nya.

1. Pembuatan Kandang Kelinci


Pembuatan Kandang Kelinci

pada dasar nya ada 2 jenis yang akan di gunakan atau bahan yang di gunakan dalam beternak kelinci potong lokal bisa mengunakan kayu atau pun mengunakan kawat atau besi. dan ada 2 metode dalam pengelompokan dalam kandang kelinci dengan cara individu atau tertutup dan secara masal atau terbuka dan kelinci di bebaskan ke mana saja di daerah sekitar. tetapi di berikan pembatas. ada baik nya kandang yang masal di berikan tempat berlindung kelinci dari sinar matahari dan hujan dan tempat istirahat mereka agar mereka tetap nyaman walaupun di lepas secara masal.

kelemahan dalam pembuatan kandang masal yaitu membutuhkan lahan yang luas dan juga dinding pembatas berupa pagar bambu atau pagar tembok atau bata. jika anda ingin membuat kandang yang mudah sederhana bisa membaca artikel ini.

Baca Juga : cara membuat kandang kelinci yang mudah dan sederhana 

dalam pembuatan kandang koloni atau masal ada bagus nya lahan kandang di berikan gumukan pasir agar para kelinci dapat bermain dan juga dapat berkembang biak di sana apabla anda tidak ingin ribet dalam pembuatan kandang yang bertikat atau individu.

Kelebihan Kandang Koloni

  • tidak ada perawatan pembersihan karena kotoran cukup di ambil dengan cangkul lalu di masukan ke karung lalu di jadika pupuk.
  • tidak ribet dalam pembuatan kandang yang bertingkat.
  • lahan dan kandang terlihat bersih dari bau.
  • kelinci akan lebih bebas dari jamur. karena tidak ada penumpukan kotoran.
Kekurangan Kandang Individu :
  • memerlukan biaya yang cukup besar apabila dinding pembatas mengunakan tembok bata.
  • air seni pada kelinci tidak dapat di ambil. karena air seni kelinci bagus dalam kesuburan pertanian banyak para petani yang membutuhkan air seni kelinci.
  • langkah berikut nya.

2. Memilih Indukan Kelinci Yang Baik


Memilih Indukan Kelinci Yang Baik

dalam pemilihan indukan merupakan salah satu awal dari kesuksesan dalam beternak kelinci. karena menentukan rajin atau tidak kelinci tersebut dalam beranak atau kebal dari penyakit. dalam pemilihan bibit harus lah di perhatikan dari bentuk, fisik , dan karakter kelinci.

untuk indukan kelinci memang perlu ketelitian dalam menemukan indukan super yang tahan dalam berbagai penyakit dan juga giat dalam melahirkan. nah simaj beberapa cara dalam memilih bibit anakan kelici potong:
  1. anda harus lah tau riwayat kelinci yang bagus dan baik dalam kesehatan dan pembiakan. karena dalam keturunan kelinci bisa banyak melahirkan dalam 1 tahun.
  2. dalam berat badan tubuh induka betina sekitar 2 - 5 Kg , dan jantan 3 - 5 Kg.
  3. kelinci mempunyai pingul yang bulat dan cukup penuh,
  4. mempunyai punggung yang tidak terlalu cekung.
  5. dalam mata kelinci terlihat cerah tidak lemas dan ngatuk
  6. mempunyai bulu bersih.
  7. bebas dari cacat ataupun kurap dan jamur di sekitar telingga.
  8. mempunyai riwayat bagus dan ungul dalam peternakan yang akan anda beli.

3. Pemberian Pakan kelinci


Pemberian Pakan kelinci

dalam pemberian pakan kelinci bebas asalkan sehat dan bersih terkadang kelinci memakan dedaunan yang hijau . ada juga para peternak memberikan pakan berupa ampas tahu. contoh makanan kelinci yang dedaunan hijau sayuran, sawi , wortel, daun singkong dan lain-lain.

jika anda memberikan pakan kelinci dengan pepaya , jagung ,kacang, dan rerumputan dan dedaunan tidak masalah asalkan pas dalam pengeluaran untuk pakan. 

sedangkan ada nya konsetrat sangat di perlukan pada kelinci biasa nya konsetrat ada nya di pakan pelet dari buatan pabrik. memang pemberian pakan sanagar simple. memang pada pelet mempunyai kandungan gizi yang lengkap yang di butuhkan pada kelinci. sebaik nya pemberikan pakan dengan pelet jangan lah terlalu sering karena mengakibatkan kelinci terbiasa makan dangan pelet akibat nya kelinci malas makan dengan dedaunan hijua ataupun sayuran.

ada 1 lagi pakan yang bisa anda  berikan kepada kelinci anda berupa ampas tahu yang bisa anda jumpai di pasar atau di pabrik pengolahan tahu. apabila pakan dengan sayuran mahal dan di dapatkan cukup sulit dan juga pelet yang mahal bisa anda manfaatkan ampas tahu untuk pemberian pakan kelinci. karena biaya nya untuk amapas tahu tergolong cukup murah di bandingkan dengan pelet.

jika anda memberikan pakan yang berwarna hijau ada baik nya di layukan terlebih dahulu agar mencegah kembung pada anakan kelinci yang masih kecil  apabila dedaunan tidak di layukan akan sulit di cerna di perut kelinci. biasa nya pada anakan kelinci yang berumur 8 minggu.

persiapan dan keseluruhan dalam kebutuhan pakan kelinci bisa mencapai 4 - 5 % dan berat badan / hari kelinci muda sampai 4 bulan dan membutuhkan pakan yang hijau 20 % semua nya.

kelinci yang berumur 4 bulan membutuhkan 60 % dari total pakan dan di pisahkan dengan pakan konsetrat dan pakan hijau pakan bukan hijau di berikan pada waktu 10.00 pagi dan pakan ternak biasa atau hijau jam 1 siang.

Baca Juga : pakan kelinci pedaging yang sehat

4. Cara Mengawinkan Kelinci Yang Mudah


Cara Mengawinkan Kelinci Yang Mudah

pengawinan kelinci bisa di lakukan dengan menjodohkan betina dan pejantan dalam 1 kandang dan bisa juga di lepaskan di dalam kandang koloni. biasa nya pada pengawinan yang di masukan 1 kandang memang efektif. dalam kelinci yang siap untuk di kawinkan usia 6 - 12 bulan. tergantung ras dan jenis nya. ciri kelinci betina yang siap kawin dan melahirkan dapat menunjukan tanda- tanda berikut ini :
  1. Terlihat gelisah, selalu mencari pejantan apabila di pegang akan lebih agresif dan lincah tidak seperti biasa nya.
  2. terlihar sering megosokan dagu nya pada kandang atau benda lain nya
  3. untuk vulva kelinci agak berwarna merah atau merah.
dalam pengawinan masal kelinci di dalam kandang atau boxkan ada 2 macam cara yaitu memasukan 5 atau 10 kelinci betina dan 2 kelinci jantan dalam 1 kandang atau pun kandang tembok dan cara kedua yang lebih cepat bisa anda masukan ke kandang 1 betina dam 1 pejantan cara ini memang cukup efektif. yang sudah di jelaskan di atas. ada cara mengawinkan kelinci secara umum.
  • kelinci siap kawin berumur 6 - 12 bulam
  • pada masa birahi kelinci kemungkinan selama 11 - 15 hari
  • dalam masa kehamilan berlangsung yaitu 28 - 35 hari.
  • pada masa menyusui kelinci berlangsung kurang lebih 8 minggu dan pada umum nya hanya samapi 15 -20 hari.
  • kelinci betina bisa subur kembali selama 2 minggu.
  • biasa nya pada 1 tahun kelinci mengalami kehamilan 5 kali dalam 1 tahun.
  • dalam beranak kelinci dapat melahirkan 4 - 12 ekor.
  • untuk usia kesuburan dalam kehamilan berlangsung sampai 3 tahun.

5. Panen Kelinci 


Panen Kelinci

memang ini momen yang di tunggu dalam setiap usaha beternak ataupun bercocok tanam. dalam pasar kelinci memang tak sebesar kebutuhan ayam atau binatang lain nya seperti sapi dan kambing terkadang saja kelinci potong di jadikan peliharaan saja. dan adapun para peternak kelinci membuka usaha berupa rumahmakan dengan menu setidak nya daging kelinci atau sate kelinci. 

dalam menjual kelinci kurang dari 2 bulan memang sangat muda dan masih membutuhkan indukan. sedangkan dalam usia yang bagus dalam kelinci potong usia 3,5 bulan dan mempunyai berat badan sampai 2 - 3 Kg.

memang dalam pengemukan badan kelinci tergolong cukup lama. dalam pegemukan bisa memakan waktu sampai 2 - 3 bulan ada baik nya anda menjual kelinci yang masih muda dan cukup yaitu umur 3 - 4 bulan apabila anda menjual kelinci 10 - 1 tahun akan di pastikan anda mengalami kerugian karena penjualan kelinci bukan di golongkan dengan umur tetapi dengan berat badan kelinci itu pun apabla di jual sebagai kelinci potong hitungan nya hanya / Kg.

6. Penyakit Pada Kelinci


Penyakit Pada Kelinci

sebagai peternak kelinci sebaik nya anda mengenal penyakit pada kelinci dan cara menangani nya sebagai makluk hidup pasti lah ada atau pernah terkena penyakit dan juga bisa anda cegah dengan cara rajin membersihkan kandang kelinci . jangan tungu kandang kelinci sudah banyak kotoran kelinci yang menumpuk akan di pastikan penyakit akan segera menyerang kelinci anda. dan sebaik peternak ada baik nya anda menghetahui cara penanganan penyakit kelinci, dan berikut ini beberapa penyakit yang menyerang kelinci antara lain :

  • Penyakit Kudis - penyakit ini di sebabkan oleh kutu sarcoptis scaibel yang menyebabbkan gatal-gatal pada kaki,hidung , dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. dan pencegahan nya hanya dengan rajin membersihkan kandang.
  • Perut Kembung - penyakit yang sama dengan manusia karena di sebabkan oleh makanan dan timbulkan masuk angin, dan penangan nya bisa anda gunakaan minyak adas 1 bag dan minyak kelapa 4 bag. dan bisa anda oleskan dan di minum.
  • Penyakit Menceret - penyakit ini di sebabkan oleh makanan yang busuk dan tidak bersih. dan pencegahan nya bisa mengunakan anti biotik yang alami. dan bisa anda berikan air kaldu selama 30 menit.
  • Penyakit Kokkidiosis -penyakit ini di sebabkan oleh kuman dan parasit yang menyerang usus dan hati kelinci. dan gejala pada kelinci kurang nya nafsu makan. dan pengobatan nya bisa mengunakan obat yang mengandung sulfa.
sekian artikel dan inforamsi yang saya berikan terima kasih telah membaca yang berjudul Beternak Kelinci Potong semoga bisa menambah wawasan anda yang ingin mencoba peruntungan di ternak.sekian dan terima kasih.


0 Komentar Cara Beternak Kelinci Lokal Potong Rumahan

Post a Comment

Back To Top